Header Ads

Artikel Terbaru :
Loading...

Bersiwak - Mensucikan Rongga Mulut Tuntunan Rasulullah



Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Ia-lah Yang Maha Suci, dan mencintai hamba-hambaNya yang selalu mensucikan dirinya. Shalawat beserta salam bagi manusia mulia, utusan Allah swt, Rasulullah, Muhammad SAW, yang menjadi panutan bagi kita, dan sebagai rahmat bagi sekalian ummat. 

Sebagai seorang muslim yang beriman, kebersihan dan kesucian baik diri kita maupun segala amal perbuatan adalah hal terpenting yang harus tetap dipertahankan dalam kehidupan sehari-hari. Dan salah satu dari perilaku menjaga kebersihan, seperti yang telah dicontohkan Rasulullah SAW, adalah Bersiwak.

Dari Ibnu Umar r.a, bahwa Nabi Shallalahu 'alayhi wa sallam bersabda, "Senantiasalah bersiwak, karena hal itu akan membersihkan mulut dan membuat Allah SWT ridho" (HR. Bukhari)

Dalam hadits lain yang diriwayatkan dari Abu Ayyub Al-Anshari, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Ada empat yang menjadi sunah para Rasul, yaitu khitan, memakai minyak wangi, bersiwak, dan menikah." (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Bahkan sebelum Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam menunaikan sholat tahajjud, beliau selalu bersiwak, hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat:

Dari Hudzaifah r.a, ia berkata: Bahwasanya dahulu ketika Nabi SAW bangun dari tidur untuk menunaikan shalat tahajjud, beliau membersihkan mulutnya dengan siwak (HR. Bukhari dan Muslim)

Bersiwak sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sehingga dalam sebuah hadits beliau bersabda,

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ (روه البخار و المسلم)

"Seandainya tidak memberatkan ummatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali melakukan wudhu" (HR. Bukhari no.838, Muslim no.370, dari Abu Hurairah r.a)

Keutamaan Bersiwak

Beberapa keutamaan dari bersiwak adalah sebagai berikut:
  • Menjaga kebersihan rongga mulut
  • Mengikuti sunnah rasul yang berarti memiliki nilai ibadah
  • Menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh makanan ataupun saat setelah bangun tidur.
Semoga di dalam hidup dan kehidupan kita dapat mengikuti perilaku dan kebiasaan dari Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa sallam dan meraih keridhoan Allah azza wa jalla. Amiin ya rabbal alamin..

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.